WarnetPlus Alianet

Pusat Informasi Peluang Kerja & Peluang Usaha

Tuesday, August 29, 2006

Cerita Dari Training Teknisi Warnet Angkatan 1


Heboh, Seru, Panas…!
Di pagi yang cerah, Sabtu, 26 Agustus 2006, Warnet Plus Alianet kedatangan sejumlah anak muda, 8 orang laki-laki dan 1 orang wanita. Ruangan Warnet yang hanya berukuran 3 x 6 m siap menyambut kedatangan mereka. Rupanya ke 9 anak muda tersebut adalah peserta Training Teknisi Warnet. Beberapa orang terlihat sedikit kaget begitu sampai di lokasi training. Ada yang menduga WarnetPlus adalah warnet yang “wah” dengan ruangan yang luas dan ber AC . Ternyata hanya sebuah warnet kecil yang terletak di gang disamping sebuah kampus. Tanpa AC, hanya terpasang 3 unit kipas angin di dinding ruangan. Kapasitas ruangan pun hanya 10 unit komputer tanpa sekat partisi.

Keterkejutan mereka memang beralasan, karena sama sekali mereka belum pernah datang ke warnetPlus. Hanya satu orang yang pernah berkunjung sebelumnya. Yang lainnya melakukan proses pendaftaran melalui sms dan email dengan pembayaran transfer Bank BCA ke rekening saya. Informasi training saya rilis di blog ini, dan menitipkan info training di beberapa milis yang saya ikuti. Tidak lupa di beberapa situs iklan baris.
Daftar Peserta Training Teknisi Warnet Angkatan 1

Akhirnya terselenggara juga Training Teknisi Warnet yang merupakan angkatan I di WarnetPlus yang kebetulan saya dan istri sebagai Ownernya. Saya sendiri bertindak sebagai Pengajar. Berbekal pengalaman mengelola warnet dan pernah menjadi teknisi mantenance beberapa warnet di Jakarta, saya mencoba membagikan pengalaman kepada peserta bagaimana menjadi teknisi warnet secara mudah dan santai. Teknisi warnet yang sering dikonotasikan dengan keahlian tingkat tinggi dan sulit, saya buat mudah dan diharapkan supaya menjadi teknisi tapi bisa tidur nyenyak. Peserta dibekali dengan praktek dasar membangun jaringan LAN mulai dari memasang kabel UTP sampai mensetting TCP/IP. Tidak lupa cara install billing system, backup program dengan Norton Ghost dan proteksi Windows dengan DeepFreeze & Antivirus.

Alhamdulillah, semua peserta nampak antusias mengikuti jalannya training yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. Menariknya, meskipun training ini ditujukan untuk pemula, ternyata tidak semua peserta adalah pemula di bidang komputer khususnya warnet. Beberapa orang sudah bekerja sebagai admin dan teknisi warnet. Herry yang nama lengkapnya Harry Dertin Sutisna misalnya, sudah bekerja sebagai admin warnet di daerah UKI Cawang. Karena sudah memiliki dasar pengalaman di warnet, peserta yang paling heboh ini justru sering memberikan koreksi dan tambahan terhadap materi yang disampaikan pengajar.

Ada juga pemilik warnet di daerah Kebayoran Baru, Ratih Widiandini yang ingin mengetahui sendiri seluk beluk kerja teknisi warnet terutama cara backup dan billing system. “Warnet saya sering kebobolan billing, ada yang main lama tapi bayarnya hanya seribu.” Katanya. Menurut pengakuan Ratih, warnet yang berdiri sekitar satu tahun itu, untuk urusan teknis diserahkan kepada seorang teknisi. Dia sendiri merasa belum menguasai ketrampilan sebagai teknisi warnet, karena itu dia mengikuti training.

Meskipun tujuan utama saya membekali mereka dengan keahlian teknis, tapi saya mendorong mereka untuk saling kenal dan membagikan pengalaman masing-masing agar saling belajar dan saling membantu sebagai tindak lanjut setelah traning. Bahkan salah satu peserta mengusulkan pembentukan milis bagi alumni training. Setelah selesai training peserta dapat berkonsultasi gratis jika menemui kesulitan dalam menerapkan contoh-contoh yang telah dipraktekkan pada saat training.

Menjelang jam 5 sore, acara diakhiri dengan pengumuman Door Prize. Dua orang yang beruntung, Arrie Dessiardani dari Ciracas mendapatkan sebuah USB Flash Disk 512 MB merk Nexus dan Ivan Iskandar mendapatkan satu box disket.

Training nampaknya bisa menjadi alternatif sebagai salah satu jasa layanan tambahan di warnet untuk mengantisipasi “masa-masa prihatin” ketika kampus libur. Maklum, pengunjung WarnetPlus Alianet 80 % adalah mahasiswa Universitas Sahid Jakarta. Setiap 6 bulan memasuki libur panjang sekitar satu sampai dua bulan. Disaat seperti itu, semua rental komputer dan warnet di sepanjang gang yang biasanya padat dengan lalu lalang mahasiswa, tiba-tiba terlihat lengang.


Agus Suprapto

6 Comments:

  • At 10:20 PM, Anonymous Anonymous said…

    yah, gw juga jdi malu sendiri nih, sedangkan name japri khan dari gw, ok deh gw dukung angkatan japri, tapi lagi pusing neh, gw pwngwn cri warnet buat gw gawe, udah gak betah gw. biasa manajemennya amburadul.

    by Harry_ds@telkom.net

     
  • At 11:17 PM, Anonymous Anonymous said…

    diajarin pake software legal ngga ? diajarin legalitas ngga ? :-D

     
  • At 8:44 PM, Anonymous Anonymous said…

    Arrie nehhh...........
    Warnet emang bisnis menggoda.. tapi dah banyak saingan booo...
    yang plenting pelyanan.... ^^
    salam BetawiNet Ciracas

     
  • At 4:16 PM, Blogger Harry Dertin Sutisna Al Syundawy said…

    Mailinglist
    http://groups.yahoo.com/group/warnet_support_2006

    blog
    http://harry-ds.blogspot.com

     
  • At 8:12 PM, Blogger Alia Sahara said…

    Bagi alumni dan peminat training warnet silahkan bergabung di milis alianet.
    http://tech.groups.yahoo.com/group/alianet

    Salam

    Agus Suprapto

     
  • At 6:48 PM, Blogger Arrie Dessiardani said…

    Gas poolll

     

Post a Comment

<< Home