WarnetPlus Alianet

Pusat Informasi Peluang Kerja & Peluang Usaha

Tuesday, May 30, 2006

Harga Internet Mahal Bukan Karena Satelit

Senin , 29/05/2006 18:31 WIB
Achmad Rouzni Noor II - detikInet

Jakarta, Menurut Ketua Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI) Tonda Priyanto, ada persepsi yang salah antara mahalnya harga sewa satelit dan mahalnya harga bandwidth internet di Indonesia.
Menurutnya, yang menjadi penyebab harga internet mahal di Indonesia bukanlah satelit. "Harga internet mahal, komponen utamanya bukan satelit. Tapi bagaimanamembawa internet ke Indonesia, itu yang bikin mahal," ujarnya di sela-sela konferensi Asia Pasific Satellite 2006 di Hotel Shangrila Jakarta, Senin (29/05/2006).
Menurutnya, biaya untuk membawa bandwidth ke Indonesia ditentukan dari jaraknya dengan sumber. Sementara untuk mencapai sumber, diperlukan satelit dengan daya pancar yang luas.
Sementara satelit Indonesia hanya bisa mengambil dari distributor bandwidth di Hongkong, dan belum bisa mengambil langsung ke Hawaii, sehingga harganya jadi lebih mahal.
"Masalahnya, untuk membawa bandwidth internet ke Indonesia diperlukan satelit yang mencapai Hawaii, AS. Paling kita bisanya dari Hongkong. Dbandingkan antara yang ngambil dari Hongkong dan Hawaii kan pastinya beda. Kalau dari Hawaii lebih dekat sumbernya," jelas Tonda. (rou)(nks)

1 Comments:

  • At 1:14 PM, Anonymous Anonymous said…

    Internet anda lambat? atau mahal. sekarang ada solusinya. pakai software yang menjadikan Browsing menjadi super CEPAT dan super HEMAT.
    Untuk info lebih lanjut klik aja
    Untuk buka yahoo atau facebook misalnya, kurang dari 5 detik. biaya browsing? kurang dari 100/jam.
    Untuk info lebih lanjut klik aja http://softwarebrowsing.wordpress.com/

     

Post a Comment

<< Home